Materi Rumus Excel UPPER LOWWER & PROPER

 



Fungsi UPPER & LOWER pada Excel

Fungsi UPPER pada Excel adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar (kapital). Sedangkan fungsi LOWER adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf besar/kapital menjadi huruf kecil.

Kedua fungsi tersebut bisa kita manfaatkan ketika kita berurusan dengan data mentah, di mana huruf-huruf pada sel tidak sama. Lalu kita ingin merapikannya dengan fungsi UPPER atau fungsi LOWER.

Bentuk Fungsi UPPER dan LOWER di Microsoft Excel

Format penulisan fungsi UPPER adalah sebagai berikut:

=UPPER(Teks)

Penjelasan:

  • UPPER: Merupakan nama fungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar/kapital.
  • Teks: Berisi teks yang ingin kita rubah hurufnya menjadi huruf besar semua.

Sedangkan format penulisan fungsi LOWER juga hampir sama, tinggal kita rubah nama fungsinya menjadi:

=LOWER(Teks)

Penjelasan:

  • UPPER: Merupakan nama fungsi untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil.
  • Teks: Berisi teks yang ingin kita rubah hurufnya menjadi kecil.

Kedua fungsi tersebut memang dikhususkan untuk karakter berformat teks. Jadi tidak bisa digunakan untuk angka, kecuali referensi sel di mana terdapat teks yang ingin kita rubah huruf besar kecilnya.

Jumlah maksimal yang bisa kita masukkan ke dalam setiap fungsi hanyalah 1 teks/sel. Jadi baiknya setiap teks atau setiap sel kita aplikasikan satu formula, kita bisa copy fungsinya dengan cara drag sel. Sayangnya kita tidak bisa merubah huruf besar-kecil di sel/tempat terdapat sumber teksnya secara langsung (tidak bisa di-replace). Sehingga kita harus tempatkan hasilnya ke dalam sel lain.

Cara Menggunakan Rumus Fungsi UPPER & LOWER di MS Excel

Klik pada sel di mana kita ingin mengubah besar kecil huruf pada sel yang berisikan teks di excel dengan fungsi UPPER atau LOWER. Ketikkan fungsi =UPPER(Teks) jika kita ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar semua. Atau ketik fungsi =LOWER(Teks) jika ingin sebaliknya, mengubah huruf besar menjadi huruf kecil semua.

Kemudian masukkan teksnya pada bagian (Teks) atau bisa dengan mereferensikan sel yang berisi teks untuk kita ubah besar kecil hurufnya. Lalu tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya. Kita juga bisa menyalin fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada sel yang lain apabila ingin merubah besar kecil huruf pada sel yang lainnya.

Mengubah Teks Menjadi Huruf Kecil Semua Dengan Fungsi LOWER



Sebaliknya, jika kita ingin mengubah teks menjadi huruf kecil semua, maka tinggal kita gunakan fungsi LOWER. Berikut penulisan fungsinya:

=LOWER(B2)

Disitu kita mereferensikan sel B2 di mana terdapat teks yang awalnya berhuruf besar semua untuk kita ubah menjadi kecil. Maka hasilnya teks akan berubah menjadi kecil. Lalu kita bisa salin fungsinya untuk diaplikasikan ke sel-sel lain untuk diubah hurufnya menjadi kecil semua.

Fungsi PROPER pada Excel

Fungsi PROPER adalah fungsi yang digunakan untuk mengubah huruf awal pada suatu teks di excel menjadi huruf besar (kapital). Sedangkan untuk huruf kedua dan seterusnya akan dijadikan huruf kecil semua. Jadi hanya huruf pertama saja yang dijadikan huruf besar/kapital.

Kegunaan fungsi PROPER ini sama dengan fungsi LOWER maupun UPPER yaitu untuk merapikan teks yang ada di dalam sel excel. Dalam hal ini mengubah bentuk huruf ke dalam bentuk yang kita inginkan.

Bentuk Fungsi PROPER di Microsoft Excel

Format penulisan fungsi PROPER adalah sebagai berikut:

=PROPER(Teks)

Penjelasan:

  • PROPER: Merupakan nama fungsi untuk mengubah huruf pertama pada suatu teks menjadi huruf besar/kapital.
  • Teks: Berisi teks yang ingin kita rubah huruf awalnya menjadi huruf besar.

Jika ada beberapa kata yang dipisah dengan spasi di dalam sel, maka setiap kata huruf awalnya akan dijadikan huruf kapital/ huruf besar.

Cara Menggunakan Fungsi PROPER di MS Excel

Letakkan sel di mana kita ingin mengubah huruf awal pada sel menjadi huruf besar dengan fungsi PROPER. Ketikkan fungsi =PROPER(Teks) jika kita ingin mengubah huruf awal suatu kata di dalam sel menjadi huruf besar.

Kemudian masukkan teksnya pada bagian (Teks). Atau kita bisa mereferensikan sel yang berisi teks untuk kita ubah huruf awalnya menjadi huruf besar.

Tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya. Copy fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada sel yang lain apabila ingin merubah huruf awal menjadi besar pada sel yang lainnya.

Supaya lebih jelas dalam menggunakan fungsi PROPER, simak contohnya berikut.

Mengubah Huruf Awal Teks Dengan Referensi Sel


Sedangkan jika kita sudah memiliki data dalam sel-sel sebaiknya kita gunakan fungsi PROPER dengan mereferensikan selnya. Sehingga penulisan fungsinya menjadi seperti pada contoh berikut:

=PROPER(A2)

Di dalam penulisan tersebut kita mereferensikan sel A2. Di mana sel tersebut berisikan teks yang ingin kita ubah huruf awalnya menjadi huruf besar. Kita lihat pada tabel tersebut terdapat teks berhuruf besar dan ada yang berhuruf kecil semua. Setelah kita aplikasikan fungsi tersebut hurufnya berubah menjadi lebih rapi.

Setelah hasil salah satu sel muncul, kita bisa menyalin fungsinya ke dalam sel-sel lain yang juga ingin kita jadikan huruf besar di awal teksnya. Caranya dengan drag dan drop sel ke bawah.

Sumber Artikel 1 : Klik Di Sini

Sumber Artikel 2 : Klik Di Sini



0 Komentar